klik iklanya

Jangan Lupa Klik Iklanya ya!!!

Jumat, 07 Oktober 2011

Kasus Kanker Hati Meningkat di Negara Maju, Turun di Asia



img

Jakarta, Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa angka kejadian kanker hati terus meningkat di negara-negara belahan utara dunia dan mengalami penurunan di beberapa negara di Asia yang dulunya berisiko tertinggi. Meskipun demikian, angka kejadian di negara-negara Asia masih dua kali lebih tinggi daripada di Afrika dan empat kali lebih tinggi daripada Amerika Utara.

Penelitian ini disimpulkan dari data Badan Internasional untuk Penelitian Kanker, Melissa M. Center, MPH dan Ahmedin Jemal, PhD, pakar epidemologi dari American Cancer Society.

Peneliti meneliti tingkat kejadian kanker hati pada tahun 1993 hingga 2002 beserta 32 jenis kanker lainnya yang terdaftar di seluruh dunia. Peneliti juga memeriksa tingkat perbandingan kejadian antara laki-laki dan perempuan serta menambahkan empat kanker dalam daftar berdasarkan data kejadian tahun 1998.

Tingkat kejadian kanker hati bagi pria dan wanita meningkat sejak tahun 1993 hingga tahun 2002. Peningkatan tersebut sebagian besar terbatas pada negara-negara ekonomi maju di Eropa Barat, Amerika Utara dan Oseania.

Sebagian besar kasus tersebut mungkin dikarenakan transfusi darah, jarum yang telah terkontaminasi untuk keperluan medis, serta penggunaan narkoba suntik yang meluas pada beberapa tahun sebelumnya.

Sebaliknya, angka kejadian kanker hati menurun di Asia, baik pada pria dan wanita. Meskipun demikian, tingkat kejadian di negara-negara Asia tetap 3-4 kali lebih tinggi daripada di daerah berisiko rendah yang semakin meningkat.

Perbandingan laki-laki dan perempuan bervariasi dari 0,9 di Afrika sub-Sahara dan Amerika Selatan untuk pendaftar 5.0 (lima laki-laki bagi setiap wanita didiagnosis) di Perancis dan Mesir.

"Penelitian lebih lanjut untuk melihat ini penyebab diperlukan untuk lebih menjelaskan faktor yang berkontribusi terhadap kanker ini," kata Ms. Center seperti dikutip dari Eurekalert.org, Jumat (7/10/2011).

"Kami berharap penjabaran kecenderungan kanker hati di dunia ini dapat merangsang penelitian lanjutan untuk lebih menggambarkan faktor-faktor penyebab yang terkait kejadian kanker hati di seluruh dunia," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar